Pelayanan Operasi LASIK RSMM JATIM

Pelayanan Operasi LASIK RSMM JATIM

LASIK adalah singkatan dari Laser-assisted in-situ keratomileusis, operasi mata dengan laser yang tujuannya untuk mengoreksi masalah penglihatan seperti mata minus, plus, silinder, serta mengurangi atau menghilangkan kebutuhan akan kacamata ataupun lensa korektif.

Operasi LASIK mata merupakan suatu prosedur yang paling umum digunakan dalam bedah refraktif. Bedah refraktif itu sendiri merupakan prosedur yang dilakukan untuk mengubah bentuk jaringan transparan berbentuk kubah (kornea) pada lapisan terluar mata. Kornea tidak berwarna (bening) yang menyelimuti bagian hitam pada mata kita.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Rumah Sakit Mata Masyarakat (RSMM) Jawa Timur sebagai satu-satunya Rumah Sakit Mata Khusus milik Pemerintah Jawa Timur telah membuka pelayanan operasi lasik mata dengan peralatan canggih Visumax + MELTM 90. Operasi Lasik mata merupakan sebuah prosedur medis yang dapat membantu penglihatan untuk kembali normal pada 3 (tiga) gangguan yaitu rabun jauh (Miopi), rabun dekat (Hypermetropy) dan mata silinder (Astigmatisme).

Operasi lasik mata dilakukan kepada siapa saja yang ingin terbebas dari penggunaan kacamata ataupun lensa kontak (contact lens). Pelayanan operasi lasik mata di RSMM Jawa Timur dilakukan kepada pasien dengan kelainan refraksi untuk rabun jauh (Miopi) -1.00 D sampai dengan -13.00 D, untuk rabun dekat (Hypermetropy) +1.00 D sampai dengan +4.00 D sedangkan untuk pasien dengan mata silinder (Astigma) 1.00 D sampai dengan 5.00 D. Idealnya operasi lasik mata dapat dilakukan pada usia 18 tahun ke atas dengan syarat tidak sedang hamil maupun menyusui.

Sebelum menjalani prosedur lasik mata, pasien harus melakukan pemeriksaan awal agar dapat mengetahui dengan pasti mengenai prosedur atau tata kerja lasik baik dari manfaat maupun kemungkinan komplikasi yang dapat terjadi. Operasi lasik mata memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan hasilnya dapat dirasakan langsung setelah operasi.

Sesuai dengan Peraturan Gubernur Jawa Timur nomor 19 tahun 2015 mengenai tarif Layanan dan Pemakaian Kekayaan Daerah Pada Badan Layanan Umum Daerah Unit Kerja Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, maka untuk tarif layanan operasi lasik mata dapat dirinci sebagai berikut:

Pre lasik Rp. 750.000,00
Operasi Lasik untuk 1 (satu) mata Rp. 7.700.000,00
Operasi Lasik untuk 2 (dua) mata Rp. 14.300.00,00
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon 031-8283509 / 8283510 atau fax 031-8283508